Jalani Hidup Sehat Optimal


Jalani Hidup Sehat Optimal



Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Karena itu, jadikanlah hidup sehat optimal sebagai kebiasaan Anda sehari-hari. Bagaimana caranya? Ikuti 15 tip berikut ini:

Penuhi kebutuhan gizi

Perhatikan kandungan gizi makanan Anda agar mengandung komposisi lengkap, meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

2. Hindari lemak berbahaya

Tidak semua lemak itu jahat, karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan jenis lemak yang Anda konsumsi. Makanan yang digoreng, mentega dan makanan ringan seringkali mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak sehat seperti asam lemak omega 3, 6, 9 justru mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsilah ikan laut 3-4 porsi seminggu untuk meningkatkan asupan lemak sehat di tubuh Anda.

3. Jangan lupa sarapan

Agar memiliki cukup energi, Anda perlusarapan setiap hari. Bahkan bila sedang dalam program penurunan berat badan, sarapan tetap dianjurkan. Bila takut berat badan bertambah, kurangi porsi karbohidrat saat makan siang dan malam untuk mengontrol kalori yang masuk.

4. Makan cukup sayur dan buah

Konsumsi buah dan sayur sebanyak 5-7 porsi setiap hari untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan serat setiap harinya.

5. Minum

Karena sebagian besar dari tubuh kita adalah air, penuhi kebutuhan tubuh akan air, setidaknya 8 gelas sehari.

6. Pertahankan berat badan ideal

Kekurangan berat badan, sama berbahayanya dengan kelebihan berat badan. Karena itu pertahankan berat badan ideal Anda.

7. Olahraga

Selain dapat meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga juga dapat membantu proses metabolisme tubuh. Lakukan olahraga 3-4 kali seminggu dengan durasi 1 jam. Pilih jenis olahraga sesuai kondisi tubuh.

8. Istirahat cukup

Tidur sama pentingnya dengan makanan dan udara. Pastikan Anda mengistirahatkan tubuh 6-8 jam sehari agar sel-sel tubuh dapat melakukan regenerasi dengan baik.

9. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Rokok dan alkohol memiliki efek radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

10. Berpikir positif

Ini penting untuk menghindari stres. Karena stres dapat memicu timbulnya penyakit.

11. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Seringkali kesibukan membuat Anda lupa pada diri sendiri. Luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi agar mengurangi stres yang dapat mengganggu kesehatan.

12. Perhatikan kebersihan

Mandi dua kali sehari, cuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas, sikat gigi dua kali sehari, bisa jadi langkah awal yang sangat sederhana dalam menjaga kesehatan Anda.

13. Periksa kesehatan teratur

Periksalah kesehatan secara teratur, paling tidak setahun sekali untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyakit sejak dini.

14. Pilih bahan alami

Batasi konsumsi makanan olahan. Pilihlah bahan alami sebagai sumber makanan, minuman dan suplemenkarena bahan alami lebih dapat diterima tubuh, dibandingkan dengan bahan kimia (sintetis).

15. Konsumsi suplemen

Banyak orang tidak mendapat cukup vitamin dan zat gizi tertentu karena pola makan dan gaya hidup yang kurang baik. Suplemen makanan akan membantu memastikan terpenuhinya kebutuhan zat gizi sehari-hari. Pilih yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh, serta terbuat dari bahan alami yang berkualitas sehingga aman bagi kesehatan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © susu milk